Blog-nya si Bunda Wulan

Kantong Plastik dan Sampah Plastik

Posted on: April 20, 2009

 SIAPA yang tidak kenal kantong plastik? Semua orang pasti tahu dan bahkan sering menggunakannya untuk berbagai keperluan. Mulai dari kantong belanja, kantong sampah, kantong pakaian kotor (terutama pakaian renang yang basah), kemasan makanan, pembungkus barang-barang yang baru, dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan karena kantong plastik harganya relatif murah, tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, warna sehingga bisa digunakan untuk bermacam-macam keperluan yang berbeda. Namun ternyata dampak negatif yang ditimbulkan oleh luasnya penggunaan kantong plastik juga tak kalah besarnya.

Kantong-kantong plastik umumnya cuma sekali pakai lalu dibuang menjadi sampah. Padahal sampah kantong plastik butuh waktu puluhan, bahkan ratusan tahun untuk dapat benar-benar terurai di alam. Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap dioksin yang beracun dan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia karena bisa memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakkan hati, gangguan sistem syaraf dan memicu depressi. Selain itu, kantong plastik bekas juga bisa menyebabkan banjir karena menyumbat saluran-saluran air.

Penyumbang terbesar sampah kantong plastik adalah 17 milyar lebih kantong plastik yang dibagikan secara cuma-cuma oleh supermarket dan hipermarket di seluruh dunia bagi para konsumennya, untuk menempatkan belanjaan mereka. Dan konsumen supermarket dan hipermarket 85%nya adalah ibu-ibu, seperti saya dan anda. Lalu apa yang bisa kita lakukan???

Sebagai bentuk kepedulian kita, ada baiknya kalau kita selalu menyediakan kantong belanja sendiri yang terbuat dari kain di dalam tas kita. Sehingga ketika kita bepergian, lalu mampir ke supermarket untuk berbelanja sedikit, kita bisa memasukkan belanjaan kita ke kantong kain yang kita bawa tadi. Sedangkan kalau belanjaan kita agak banyak, kita bisa menggunakan kardus bekas yang banyak tersedia di supermarket untuk menempatkan belanjaan kita. Pihak supermarket dan hipermarket juga seharusnya bisa berpartisipasi aktif dengan memberikan insentif khusus seperti potongan harga untuk konsumen yang datang membawa kantong sendiri. Dengan demikian, konsumen semakin termotivasi untuk tidak menggunakan kantong plastik yang disediakan pihak supermarket dan hipermarket.

Katakan "tidak" pada kantong plastik

Katakan "tidak" pada kantong plastik

Mari kita bersama menjaga bumi kita, supaya tetap menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi anak cucu kita. Jika bukan kita yang menjaganya, siapa lagi? Selamat Hari Bumi, 22 April!!!

2 Responses to "Kantong Plastik dan Sampah Plastik"

Selamat hari bumi juga, Bunda.
Melakukan penyelamatan bumi bisa dengan cara yang sederhana, seperti yang diuraikan dalam artikel ini. Dan itu pasti bisa kita lakukan, tinggal kemauan saja kok.

setujuuuu!!! kalo bukan kita yang mulai, siapa lagi? kalo bukan sekarang, kapan lagi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: