Blog-nya si Bunda Wulan

Pemilihan Umum Legislatif 2009 (Part 1)

Posted on: April 6, 2009

Note : Tulisan ini bukanlah kampanye terselubung, karena saya bukan anggota partai politik manapun, saya juga bukan anggota KPU maupun Panwaslu. Tulisan ini semata-mata keprihatikan saya terhadap situasi yang tengah dihadapi oleh masyarakat Indonesia pada umumnya, termasuk saya sendiri.-  Bundawulan

Part 1 – Peserta Pemilu 2009 dan calon legislatif

PEMILIHAN UMUM (Pemilu) legislatif tahun 2009 tinggal 3 hari lagi. Hari ini memasuki masa tenang. Poster-poster, spanduk, baliho, dan semua pernak pernik kampanye sudah diturunkan. Tapi benarkah rakyat Indonesia sudah siap untuk menghadapi dan melaksanakan hak milihnya pada tanggal 9 April 2009 nanti?

Pemilu tanggal 9 April 2009 adalah pemilu legislatif, artinya rakyat Indonesia secara serentak memilih anggota legislatif yang akan duduk di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR Pusat) sebanyak 560 orang, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sebanyak 132 orang, dan anggota DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang jumlah berbeda-beda di tiap propinsi/kota/kabupaten.

Jumlah partai yang menjadi peserta pemilu tahun 2009 ini adalah 34 partai politik yang telah lulus verifikasi KPU (18 diantaranya adalah partai baru), 6 partai lokal khusus di propinsi Nangroe Aceh Darussalam (sesuai Perjanjian Helsinki tahun 2005), dan 4 partai politik peserta Pemilu tahun 2004 yang memenangkan gugatan mereka di PTUN untuk kembali menjadi peserta Pemilu tahun 2009. Jadi total peserta pemilu tahun 2009 ini adalah 44 partai. BAYANGKAN!!!

Khusus untuk DPR Pusat, akan dipilih 560 anggota legislatif yang berasal dari 77 daerah pemilihan (dapil), tiap dapil terdiri ada 3-10 orang, tergantung tingkat kepadatan masing-masing daerah. Jumlah calon legislatif (caleg) yang akan memperebutkan 560 kursi tersebut, berdasarkan daftar resmi yang dikeluarkan oleh KPU jumlahnya mencapai 11.868 orang dari 77 dapil 33 propinsi. Caleg ini datang dari berbagai kalangan, seperti politisi, praktisi hukum, pengusaha, pensiunan TNI dan Polri, pensiunan pegawai negeri maupun pegawai negeri aktif, mahasiswa dan tentu saja kalangan artis dan selebritis. Ini baru untuk DPR Pusat. Belum termasuk caleg untuk DPRD Propinsi dan DPRD Kota/Kabupaten.

Sebagai contoh saja misalnya, untuk Propinsi DKI Jakarta, KPUD mengeluarkan daftar caleg yang terdiri dari 2.425 orang dari 38 partai yang lolos verifikasi KPUD, untuk memperebutkan 94 kursi DPRD Propinsi DKI Jakarta.

Sebagai catatan, Pemilu ini adalah pemilu yang pertama kali diikuti oleh 2 (dua) orang caleg eks-warga negara asing. Masing-masing adalah Petra Odebrecht dari Propinsi Bali (caleg untuk DPD, semula warga negara Jerman) dan Robert Ali Sakias dari Propinsi Papua (caleg untuk DPRD Kabupateng Pegunungan Bintang, dari PDI-P, semula warga negara Papua Nugini). 

Bagaimana, sudahkah anda menetapkan pilihan anda?

(Sumber : www.id.wikipedia.org, http://klikpemilu.blogspot.com, www.kompas.com, www.republika.co.id, www.detik.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: