Blog-nya si Bunda Wulan

Badai Matahari (Solar Storm)

Posted on: January 16, 2009

DALAM perjalanan untuk menjemput anak-anak di sekolah siang tadi, iseng-iseng saya mendengarkan siaran dari sebuah radio yang kebetulan sedang membahas Badai Matahari atau Solar Storm. Saya tertarik untuk mendengarkan karena terminologi itu asing buat telinga awam saya. Apalagi dampak yang bisa ditimbulkan kedengarannya sangat dahsyat. Pembahasan terjadi antara si penyiar radio dengan seorang peneliti dari LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional). Karena info yang saya dapat kurang jelas, setibanya di rumah saya langsung menggali info lebih dalam lagi melalui internet.  Walaupun pembicara di radio tadi adalah seorang peneliti dari LAPAN, situs resmi LAPAN sendiri tidak memberi info apa-apa mengenai badai matahari ini. Info hanya sebatas mengenai matahari secara umum. Oleh karena itu saya terpaksa menggali lagi dari sumber-sumber yang lain, dan inilah yang saya dapat bagikan.

Badai matahari atau solar storm adalah fenomena alam dimana matahari menyemburkan proton dan elektron sebagai akibat dari aktivitas magnetik secara berkala, semakin lama semakin banyak, dan yang mencapai puncaknya sekitar 11 tahun sekali, diperkirakan sekitar tahun 2011 atau 2012. Puncak semburan ini yang disebut sebagai badai matahari dan akan menimbulkan berbagai dampak  yang serius di bumi.

Badai Matahari

Badai Matahari

Yang paling merasakan dampak langsungnya adalah para astronot yang berada di luar angkasa sana. Gangguan mulai berupa putusnya jaringan komunikasi dengan stasiun bumi sampai yang paling buruk adalah kematian sang astronot.

Di bumi sendiri, dampak yang paling sederhana, menurut pakar LAPAN yang saya dengar sedang diwawancara di radio adalah terganggunya sinyal komunikasi. Oleh karena itu, seluruh alat komunikasi yang menggunakan sinyal elektromagnetik tidak bisa berfungsi dengan baik, misalnya HP, perangkat GPS, seluruh perangkat komunikasi satelit (mesin ATM, internet nir-kabel/wi-fi). Dan dampak dari badai matahari ini bisa berlangsung selama berhari-hari. Bayangkan, berhari-hari tanpa hp; tanpa ATM;  sedangkan jalur komunikasi antar bank terputus/offline; pesawat atau kapal laut tidak diketahui keberadaannya. Ingat, ini baru dampak yang paling sederhana.

Dampak lebih parah bisa terjadi pada peralatan listrik dan pembangkit listrik yang tetap dinyalakan pada saat badai berlangsung. Medan magnet bumi yang tidak stabil akan dapat merusak berbagai peralatan listrik dan pembangkit listrik dan dibutuhkan waktu sekitar 2 tahun untuk membangunnya kembali. Bahkan menurut sebuat situs yang mengutip sumber wikipedia mengatakan, pernah terjadi di Quebec, Canada pada tanggal 13 Maret 1989 dimana 6 juta orang hidup tanpa listrik selama 9 jam. Padahal puncak ledakan badai matahari jika mengenai bumi bisa mencapai lebih dari 2 hari. Bisa anda bayangkan, hidup tanpa listrik selama lebih dari 2 hari? Malapetaka besar buat masyarakat perkotaan.

NASA dalam situs resminya, walaupun tidak secara eksplisit mengungkapkan malapetaka yang bisa terjadi, menyatakan pentingnya studi mengenai badai matahari ini karena berdampak langsung kepada perekonomian nasional, karena hampir seluruh aspek kehidupan manusia modern sudah sangat bergantung pada kemajuan teknologi, yang tidak bisa dilepaskan dari listrik, komunikasi nirkabel, internet, satelit dsb. Oleh karena itu, pemahaman tentang perubahan matahari, dan dampaknya terhadap sistem tata surya kita dan kehidupan di bumi khususnya menjadi tujuan utama program riset heliofisik dari NASA.

Di Indonesia sendiri, rasanya saya belum mendengar ada contingency plan untuk menghadapi badai matahari ini. Semua masih sibuk dengan urusan Pemilu bulan April mendatang. Terus gimana nasib Indonesia?

Diintisarikan dari berbagai sumber (KIS FM Jakarta, www.lapan.gov.id, www.okezone.com, www.noaanews.noaa.gov, www.monash.edu.au, www.stereo.gsfc.nasa.gov, www.solarweek.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: