Blog-nya si Bunda Wulan

Cimory dan Taman Wisata Matahari (TWM)

Posted on: January 8, 2009

DI DAERAH Cisarua, Bogor ada 2 tempat wisata yang letaknya berdekatan dan sama-sama oke untuk dikunjungi bersama keluarga, yaitu Cimory dan Taman Wisata Matahari (TWM).

Cimory atau Cisarua Mountain Dairy posisinya berada di  sebelah kiri jalan, arah menuju ke puncak pas, persisnya 7 km dari ujung jalan tol gadog. Cimory  sebenarnya adalah peternakan sapi dan produsen susu segar dan yoghurt. Makanya dari jauh, pasti sudah terlihat replika sapinya. Di tempat ini, pengunjung dengan rombongan besar (> 20 orang, yang sudah buat perjanjian sebelumnya) diizinkan untuk melihat peternakannya (boleh ikut memerah susu sapinya) dan melihat-lihat pabrik susu dan yoghurtnya. Sedangkan pengunjung perorangan (keluarga), bisa menikmati sejuknya hawa pegunungan sambil duduk di restorannya dan menikmati pemandangan indah ke lembah di bawahnya. Di restoran tersedia aneka menu makanan dari sosis, burger, steak, sop buntut dll. Rasa makanannya sih sebenarnya biasa aja, di Jakarta ada banyak makanan sejenis yang rasanya jauh lebih enak. Tapi pemandangan dan suasananya mungkin membuat perut menjadi lebih lapar, so rasa makanan jadi enak aja.

Selain makan, kita juga bisa berbelanja di Cimory Shop yang menyediakan aneka camilan dan makanan ringan, juga susu segar, yoghurt, dan aneka sosis. Juga tersedia aneka souvenir dan pernak-pernik khas Cimory yang bentuknya serba sapi (maskot mereka). Trus buat anak-anak balita, mereka bisa main di tamannya. Tersedia ayunan, jungkit-jungkit, perosotan dll. Lumayanlah buat tempat meluruskan kaki, terutama kalo jalur puncak macet total. 

Naik sapi di Cimory

Naik sapi di Cimory

 

the playground at Cimory

the playground at Cimory

 Taman Wisata Matahari atau TWM letaknya sebelum Cimory kalau datang dari Jakarta, tepatnya 6 km dari tol gadog, juga di sebelah kiri jalan. Cuma dari pinggir jalan ke TWM masih masuk lagi kurang lebih 2 km, dan jalannya kecil (kalo naik bus besar, bisa parkir di pinggir jalan, disediakan tempat parkir khusus bus pariwisata). Tampaknya TWM tadinya tidak dimaksudkan untuk menjadi tempat wisata yang besar seperti sekarang.

Tempat wisata milik grup Matahari Department Store ini merupakan tempat wisata kalangan menengah yang tidak terlalu komersil. Harga tiket masuknya terjangkau, dengan fasilitasnya lumayan lengkap. Di sana kita bisa jalan-jalan di  hutan pinus, bisa menyewa vila-vila, ada kolam renang, arena bermain, ATV, sepeda air, perahu angsa, flying-fox, pemancingan, air terjun dan bisa main-main di sungai yang arusnya lumayan deras. Buat anak-anak yang tumbuh besar di kota seperti Jakarta, main-main di alam seperti ini sangatlah menyenangkan. Tempatnya yang teduh (banyak pepohonan rindang) dan banyak tersedia bangku untuk duduk-duduk menikmati sejuknya udara pegunungan. Si kakak dan si cantik hampir-hampir ga mau pulang. Menikmati berlari-lari di atas tanah dan bermain di sungai tanpa menggunakan alas kaki.

Oh ya, untuk urusan makanan, di sana juga ada semacam food court yang menyediakan aneka makanan dan makanan kecil. Lalu ada juga deretan penjual makanan K-5 yang disediakan tempat khusus di depan, yang sayangnya kurang tertata dengan baik. Ada juga California Fried Chicken untuk anak-anak yang maunya makan junk-food.

Main di sungai di TWM

Main di sungai di TWM

di hutan pinus

di hutan pinus

9 Responses to "Cimory dan Taman Wisata Matahari (TWM)"

wah asyik juga kayaknya, saya kan di cileungsi, dekat kan ya … i will try this place someday

wahh….dari cileungsi sih cuma selemparan batu! deket banget!

wah, bagus ya suasana pedesaan sekali. jadi kangen suasana seperti ini. mau coba ah kapan2. trims buat infonya🙂

hai bundawulan.. salam knal yaa
mau nanya, di TWM ada arung jeramnya ga sii?
ato ada rekomendasi ga tempat arung jeram yg asik?
makasii ^^

Hai, salam kenal juga. Di TWM sungainya bagus sekali, tapi ga ada arung jeramnya. Mungkin karena arusnya kurang deras. Aku pernah arung jeram di sungai citarik. Arah ke sukabumi, di sebelah kanan jalan, sepanjang jalan banyak papan petunjuk tempat arung jeram. Arusnya deres, tapi sungainya ga terlalu dalam. Skala 4-lah. Selamat mencoba.

Skitar 1 bulan yang lalu, aku ke TWM. Ada kok arung jeramnya. Waktu kmaren kesana, lumayan antri juga.

Btw, kapan kita makan nasi goreng menteng lagi Lan ?

oohh….mungkin skrg udah ada. bagus deh, kapan2 aku ke sana lagi. liburan terakhir aku kan ke tirtagangga, bukan ke puncak. ntar ceritanya menyusul deh. nasi goreng menteng, ayoooo……siapa takut? kasih tau aja kapan, ntar kita ketemuan di sana. buat gw lebih gampang ke sana, daripada ke daerah timur (kalimalang dan sekitarnya….) susah dapat exit permitnya dari hubby. hehehe….jakarta coret sih ;-P

ASYIK JG NIH…

iya emang tempatnya asyik…anak2 suka banget…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: