Blog-nya si Bunda Wulan

Apa sih artinya Natal?

Posted on: December 23, 2008

Apa yang ada dibenak orang-orang pada umumnya ketika memasuki masa menjelang Natal? Yang pertama pasti BERBELANJA. Lihat saja di tempat-tempat umum, memasuki bulan Desember, berhias dengan dekorasi-dekorasi indah dilengkapi dengan lampu berkelap-kelip. Pusat-pusat perbelanjaaan, butik-butik terkemuka, toko-toko serba ada, semua menawarkan diskon serta potongan-potongan harga menarik, yang mendorong orang untuk berbelanja lebih, mengeluarkan uang lebih, dan ujung-ujungnya jadi  malah lebih konsumtif.

Yesus di palungan

Yesus di palungan

Yang kedua adalah POHON NATAL. Pohon cemara yang secara simbolis dipakai sebagai pohon natal karena ketegarannya menghadapi dinginnya salju, kini menjadi ikon yang identik dengan natal. Pohon Natal yang sederhana namun sarat makna di abad ke-18 itu kini berkembang dengan berbagai jenis dekorasi natal, yang malah mengaburkan makna kekekalan dari si cemara tadi. Pohon terang jadi semacam hiasan wajib di kala Natal tanpa pemahaman yang benar tentang si cemara tadi.

Perayaan Natal yang berdekatan dengan akhir tahun juga membuat Natal identik dengan LIBURAN AKHIR TAHUN.  Banyak orang yang mengantisipasinya dengan keluar dari rutinitas sehari-hari, relaksasi, refreshing, pulang kampung bertemu sanak saudara, atau bahkan berlibur keluar negeri sekeluarga.

SANTA CLAUS atau SINTERKLAS adalah orang yang paling dinanti-nanti, terutama oleh anak-anak di hari Natal. Si Opa berbaju merah, berjanggut dan kumis putih yang panjang dan lebat ini, selalu hadir dengan sapaan khasnya…Ho..ho…ho…., mengendarai kereta salju, ditarik sejumlah rusa kutub, dan (ini yang paling menggembirakan) membawa sekarung besar hadiah-hadiah Natal.

MAKANAN ISTIMEWA serta kue-kue yang lezat pasti menjadi suguhan utama di rumah-rumah yang merayakan Natal. Meja makan akan dipenuhi dengan piring-piring saji besar, dilengkapi dengan buah-buahan dan aneka dessert menggoda lidah. Makan besar dalam suasana yang akrab diantara pada kerabat dan sahabat adalah hal yang sangat menyenangkan.

Semua hal yang saya sebut diatas adalah indah dan sah-sah saja dilakukan. Terus terang, saya pun melakukannya. Tapi ada hal lain yang jauh lebih penting dari kelima hal tadi. Bagi saya pribadi, natal bukanlah mengenai pesta, atau baju baru, atau hiasan kerlap-kerlip. Natal adalah tentang kesederhanaan, sebagaimana Ia lahir di kandang yang hina. Natal adalah tentang kasih tanpa syarat, sebagaimana Ia mengasihi semua umat manusia, yang baik maupun yang jahat. Natal adalah tentang pengampunan, sebagai Ia sebagai teladan kita, telah mengampuni segala dosa dan kesalahan kita, bahkan sebelum kita memintanya. Adakah hal-hal tersebut mengisi hari-hari Natal kita?

Satu hal yang pasti. Natal adalah kelahiran Yesus Kristus. Sudahkah kita mengundang Ia untuk menghadiri perayaan ulang tahunNya?

Merry Christmas and Happy New Year, God bless you all.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: