Blog-nya si Bunda Wulan

Papsmear, Mammogram n USG Payudara

Posted on: December 19, 2008

SUSAHNYA jadi perempuan, begitu pemahaman saya dulu. Selain harus menghadapi siklus bulanan yang seringkali kurang menyenangkan, harus bersusah-payah mengandung lalu melahirkan anak, kini ditambah lagi dengan kekhawatiran akan penyakit kanker leher rahim dan kanker payudara yang tidak ada gelajanya sama sekali hingga sampai stadium lanjut. Oleh karena itu, semenjak usia saya memasuki kepala 3, setiap tahun saya menyempatkan diri untuk melakukan papsmear. Jika tahun-tahun sebelumnya, saya melakukannya di sebuah rumah sakit internasional di dekat rumah, tahun ini saya diajak seorang teman untuk melakukannya di Yayasan Kanker Indonesia. Selain harganya jauh lebih murah, pelayanannya ternyata juga cukup baik. Kebetulan dokter yang bertugas kemarin adalah dokter yang saya kenal praktek di rumah sakit internasional dekat rumah saya.

So, pada hari Rabu lalu, saya menjalani berkonsultasi dengan dokter, lalu menjalani pemeriksaan papsmear, lalu mammogram. Tidak memakan waktu yang lama, hanya 1 jam saja. Cepat bukan? Sedangkan usg payudara baru dilakukan keesokan harinya.  Hasil mammogram dan usg payudara bisa diperoleh langsung, sedangkan hasil papsmear baru bisa diambil minggu depan karena perlu dibiakkan di lab. Biaya yang saya keluarkan untuk semua pemeriksaan tersebut tak sampai 500rb rupiah (25rb utk administrasi dan konsultasi dokter, 40rb papsmear, 200rb mammogram, dan 150rb untuk usg payudara).

Puji Tuhan, untuk hasil mammogram dan usg payudara semua baik. Sedangkan untuk papsmear, saya masih harus menunggu seminggu lagi. Ternyata tidak susah menjadi perempuan. Asal kita tekun dan telaten dalam menjaga kesehatan kita. SENANGNYA jadi perempuan.

Latest up-date : Hasil pemeriksaan pap-smear sudah saya terima. Hasilnya baik, semua normal, tidak ditemukan sel-sel yang abnormal. Puji Tuhan!!!

2 Responses to "Papsmear, Mammogram n USG Payudara"

Bisa tau ga bunda nama RS nya..ataw yayasan tsb….dan minta alamatnya dong bunda…

Terimakasih

Yayasan Kanker Indonesia, Jl. Lebak Bulus Tengah No. 9, Jakarta. Telp. 7507447

Leave a Reply

