Blog-nya si Bunda Wulan

Membuat teka-teki silang (TTS)

Posted on: December 11, 2008

Siapa sih yang tak kenal teka-teki silang (TTS) atau crossword? Permainan mengisi kotak-kotak kosong berwarna putih yang berada diantara kotak-kotak hitam, untuk membentuk kata sesuai petunjuk, merupakan cara paling jitu untuk mengisi waktu luang dan mengusir rasa bosan, at least  sampai beberapa tahun yang lalu. Mungkin kalau sekarang, fungsi TTS sudah diambil alih oleh handphone, IPod, PS2, DS atau gadget-gadget canggih lainnya. Kembali ke soal TTS, saya yakin kita semua pernah mengerjakan/mengisi TTS. Ya, permainan yang pertama kali diperkenalkan oleh Arthur Wynne tahun 1913 menjadi permainan yang mendunia. TTS bisa dengan mudah ditemukan di koran-koran terkemuka, majalah-majalah papan atas, sampai ke majalah anak-anak juga. Tapi pernahkah anda mencoba untuk membuat TTS?

Mengisi dan mengerjakan TTS adalah pekerjaan gampang-gampang susah. Tapi membuat TTS adalah satu perkara yang sama sekali berbeda. Sulit? Itu pasti. Bahkan bisa dikatanya sangat sulit. Pengetahuan yang luas tidaklah cukup, jika tidak dibarengi dengan ketelitian dan ketekunan. Tidak pernah terlintas dalam benak saya bahwa si kakak, yang usianya baru 8 tahun 4 bulan, mampu membuat teka-teki silang. Tadinya saya mengira dia sedang belajar di kamarnya, karena besok ulangan umum matematika. Ehhh ternyata, dia malah asyik …..membuat (bukan mengisi atau mengerjakan, tapi MEMBUAT) teka-teki silang.

Saya yang tadinya mau menegur si kakak, malah berbalik tersenyum sambil memeluk tubuh gempalnya erat-erat. Sungguh saya bangga sekali terhadapnya. Tak terasa, mata saya berkaca-kaca. Buat saya, dia mampu mengisi TTS saja, sudah merupakan prestasi yang baik. Apalagi membuat TTS, wahh….suatu prestasi yang tidak pernah saya bayangkan. “Kamu pintar sekali Nak,” saya berbisik ke telinganya. “I love you,” tambah saya lagi. “I love you, too Bunda,” jawabnya sambil tersenyum manis sekali dan membalas pelukan erat saya. Ohhh….thank you, Lord for giving me a son like him, I am so grateful.

Leave a Reply

