Blog-nya si Bunda Wulan

Deteksi dini kanker

Posted on: November 28, 2008

Barusan saya menerima telpon dari seorang sahabat lama, kawan kita baru aja menjalani operasi pengangkatan payudara, katanya. Kanker penyebabnya. Duhhh…… kata itu sekarang sangat menghantui saya. Bukan apa-apa. Kalau dulu saya mendengar kabar ada orang yang divonis mengidap penyakit kanker, umumnya umurnya jauh diatas saya. Bude, oma jauh, dan oma kandung saya, semua pernah divonis mengidap kanker, dan meninggal dunia karena penyakit itu.

Tapi sekarang ini, orang-orang yang dekat saya, yang sebaya dengan saya, kawan sepermainan dan sepergaulan saya, yang mulai divonis dengan penyakit yang mematikan itu. Beberapa bulan yang lalu, teman sepelayanan saya di gereja, ibu dari teman sekelas si kakak, meninggal dunia karena kanker rahim, meninggalkan 2 orang anak berumur 8 tahun dan 4 tahun, sebaya dengan usia anak-anak saya.

Bulan lalu, saya menjenguk teman di rumah sakit yang baru menjalani operasi pengangkatan rahim karena ada myoma berdiameter 11 cm dan telah beranak-pinak dan menyebar di sekitar rahimnya.  Pada saat menjenguk itu, salah seorang sahabat yang datang barengan dengan saya, justru mengabarkan bahwa di kedua belah payudaranya telah ditemukan banyak kista, dan sampai saat ini dia belum tahu musti melakukan apa.

Sadar bahwa saya memiliki faktor resiko keturunan yang tinggi atas penyakit kanker, jujur saya khawatir juga. Oleh karena itu setiap tahun (biasanya di bulan Desember), saya selalu melakukan pap-smear untuk deteksi dini gejala-gejala kanker rahim, jika ada. Dan mulai tahun ini, saya akan juga melakukan mamografi untuk deteksi kanker payudara. Semua hasil pemeriksaan nantinya harus dilengkapi dengan pemeriksaan USG secara menyeluruh dan terpadu.

Pemeriksaan-pemeriksaan itu saya lakukan, karena saya ingin mendampingi kedua buah hati saya tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa, karena saya ingin mendampingi belahan jiwa saya meniti karir dan kehidupannya, menjadi tua bersama dalam suka dan duka.

May God bless my family and your family too – today, tomorrow and always.

Leave a Reply

